Shalat berjamaah


Shalat berjamaah mungkin untuk beberapa orang dianggap biasa saja. Tapi bagiku shalat berjamaah sangatlah penting untuk mempererat tali silaturahim dan ukhuwah islamiyah. Selain dari pahala yang diberikan untuk shalat berjamaah yaitu 27 kali dari shalat sendiri. Yang berarti shalat sendiri pahalanya hanya satu kali lipat dibanding shalat berjamaah yang 27 kali lipat, itupun apabila surah Al-Fatihah nya dilafalkan dengan benar. Bandingkan dengan shalat berjamaah yang 27 kali lipat.

Aku sudah sering mengajak beberapa teman untuk shalat berjamaah di mushola. Walaupun mushola yang kami miliki di kantor sangat  minim fasilitas dan dengan ruangan yang kecil tetapi alangkah indahnya apabila selalu didirikan shalat secara berjamaah.

Padahal apabila mereka tahu pahala yang akan di dapatkan di akhirat nanti pasti mereka berlomba-lomba untuk selalu shalat di mushola secara berjamaah. Ataukah mereka pura-pura tidak tahu? Pura-pura tidak mendengar? Tapi aku sadar bahwa mengajak seseorang kejalan kebaikan pasti banyak rintangannya. Alasan yang mereka kemukakan selaku alasan klasik. Baju kotor lah, celana kotor lah, nggak ada sarung lah. Dan memang aku dan teman yang sependapat denganku memiliki pemahaman berdasarkan pengalaman yang ada bahwa hidayah itu tidak akan turun kepada setiap orang. Hanya orang-orang yang dipiih 4JJI saja yang akan mendapatkannya. Aku hanya bisa mengajak dan menyerukan selebihnya aku serahkan kepada-Nya.

Semoga semakin hari semakin banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya shalat berjamaah.

Amin.

***

No comments: