Lebih Baik Mana Membaca Al-Quran Dengan Mushaf atau Hafalan?

alquran dan terjemahan


Selasa, 11 Apr 06 / 12 Rabiul awal 1427H / Thn V
Seri Tanya jawab

Lebih Baik Mana Membaca Al-Quran Dengan Mushaf atau Hafalan?

Manakah yang lebih baik, membaca Al-Quran dengan mushaf atau dari hafalan?
Jika membaca Alqur'an dilakukan di luar sholat, maka lebih baik membaca dengan mushaf, karena yang demikian ini lebih bagus dari sudut pandang ketelitian bacaan dan juga menguatkan hafalan. Akan tetapi, jika seseorang merasa dengan membaca dengan cara menghafal lebih bagus untuk hafalannya dan dapat lebih menghayati maknanya, maka bacalah dengan cara yang kedua ini. 


Adapun membaca Alqur'an dalam sholat, adalah lebih baik untuk membacanya dari hafalan, karena membaca Alqur'an dari mushaf dalam sholat dapat menimbulkan gerakan2 tambahan di luar gerakan sholat, seperti memegang mushaf, membalik lembaran mushaf, dan melihat huruf-hurufnya. Semua gerakan ini mengakibatkan seseorang tidak bisa menempatkan tangan kanan di atas tangan kirinya untuk bersedekap, dan juga kesulitan saat berpindah posisi ke ruku' atau sujud, di mana ia perlu untuk menyelipkan mushaf di lengannya.

Kami melihat sebagian orang bahkan memegang mushaf saat menjadi makmum dalam sholat berjamaah. Mereka mengikuti bacaan imam sambil merujuk ke mushaf. Dengan alasan yang sudah dikemukakan di atas dan juga karena dalam sholat berjamaah, makmum hanya perlu mengikuti imam, maka mereka sebaiknya tidak membaca dari mushaf saat sholat.

Adapun bila hafalan imam tidak begitu bagus, dan imam meminta makmum untuk membawa mushaf dalam sholat untuk mencocokkan bacaan imam, sehingga bila terdapat kesalahan dalam bacaan imam, makmum bisa membetulkan, maka yang demikian ini tidak apa-apa.

Penulis: Syaikh Ibnu Utsaimin   

Fatawa Islamiyah, vol.7, p.17, DARUSSALAM 
Diterjemahkan dari http://fatwaislam.com

No comments: