24 Tuntunan Muslimah Berhias

Muslimah Berhias


Sumber : Buku Tuntunan Muslimah ( Drs. Muhammad Thalib )
Irsyad Baitus Salam

Tuntunan muslimah berhias

  1. Tidak memakai wangi-wangian

Dari ( Abu Musa 0 Al-Asy’ari, ia berkata : Rasulullah saw, bersabda : Siapa pun perempuan yang memakai wewangian, lalu melewati sekelompok laki-laki agar mereka dapat mencium bau wanginya, maka dia laksana perempuan yang berzina.” ( HR.Nasai no.5036 CD, Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad dan Darimi )

Dari Abu hurairah, ia berkata : Rasulullah saw, bersabda : “ Siapapun perempuan yang memakai asap wangi-wangian, maka janganlah ia hadir shalat “isya bersama kami.” ( HR. Muslim no.675 CD, Abu Dawud, Nasa’I dan Ahmad )

Dari Zainab Ats-Tsaqafiyyah bahwa Nabiyullah saw,bersabda : “ Siapa saja diantara kalian ( kaum wanita ) yang keluar menuju masjid, jangan sekali-kali memakai wangi-wangian.” ( HR. Nasa’I no.5041 CD, dan Muslim )

Dari Abu Hurairah, ia berkata : “ Rasulullah saw, bersabda : ….” Dan parfum wanita adalah yang nampak warnanya tetapi tersembunyi baunya.” ( HR. Tirmidzi no.2711 CD, Nasa’I dan Abu Dawud )

Penjelasan

Hadits pertama, kedua dan ketiga menjelaskan ada larangannya kepada kaum perempuan muslim memakai wangi-wangian ketika keluar rumah.

Hadits keempat menjelaskan wewangian yang boleh digunakan oleh seorang perempuan adalah wewangian yang baunya tidak menyengat hidung walaupun warnanya membekas dengan jelas pada pakaian yang diolesinya. Inilah wewangian yang boleh dipakai oleh muslimah.

bersambung Insya Allah.......

No comments: