AHLUL BAIT [1/6]


Ahlul Bait Idonesia



Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Penyayang
Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

AHLUL  BAIT


Hendaklah kalian mencintai Allah karena Dia memelihara kalian dengan nikmat-nikmatNya. Dan cintailah aku demi cintamu kepada Allah. Dan cintailah akhli rumahku demi cintamu kepadaku. (H.R. At Tirmidzi, Al Hakim dari ibnu abbas)

Ketika serial Asy-syura tentang ahlul bait ditayangkan, maka hati-hati yang cinta akan ahlul bait merasakan sejarah dirinya berulang di depan kaca bisu.  Mereka terkesima, berdegup, sedih, haru serta muncul perasaan duka mendalam.


Karena ahlul bait adalah keluarga Rasulullah Sholallahu Allaihi Wassalam, keluarga Nabi kita, junjungan yang kita cintai, pembawa risalah yang karenanya kita menerima al-islam. Ahlul bait adalah cermin kita yang izzah (kemuliaan) mereka adalah izzah kaum Muslimin, izzah kita semua, Yang al qur'an mulia menyebut dan mengabdikan mereka.

"Ya ahlul bait, Allah akan membersihkan kamu sebersih-bersihnya"


Betapa hati kita terasa teriris, manusia-manusia mulia yang datang ke kuffah untuk suatu kemuliaan Islam malah mendapat suatu penghinaan bahkan pembantaian biadab dari orang-orang yang mengaku mengimani Rasulullah Muhammad.

Hampir-hampir seperti mimpi ada manusia yang penuh kontradiksi semacam itu; berkata mencintai Rasulullah namun menghinakan cucu-cucu dan ahlul baitnya. Sepertinya mustahil muncul manusia yang bersalawat dan menyampaikan salam kepada junjungan kita Khotamul anbiya wal mursalin, namun dengan teganya menyusahkan para akhli keluarga beliau.  Bandingkan dengan sahabat awallun Muslimin, yang jangankan akan menyusahkan ahlul bait,  menukar nyawa sendiri agar rasulullah tak tertusuk duri sekalipun akan mereka lakukan.


Bahkan para pembesar quraish sampai frustrasi menghadapi manusia-manusia baru, manusia-manusia aneh, yang demikian cinta dan tunduk patuh kepada Rasulullah lebih dari rasa cinta dan tunduk patuh mereka pada bapak-bapak atau ibu- ibu mereka.  Mereka bertabarruk, berebut untuk menerima makanan sisa dari Rasulullah, berebut untuk mendapat air bekas wudhu Rasulullah, saling berlomba untuk memberi kebaikan kepada belahan hati mereka.


Para sahabat awallun Muslimin menyebut putri Rasulullah, sebagai az zahra, fatimah az zahra.  Zahra adalah bunga. Bunga islam, bunga dari segi akhlaq, kehalusan dan segalanya.

Para sahabat mencintai fatimah az zahra lebih daripada mereka mencintai anak-anak mereka sendiri.  Mengapa ?  Karena fatimah az zahra adalah putri junjungan mereka, putri seseorang yang telah menyelamatkan mereka dunia dan akhirat, putri Rasulullah yang karena perantaraan beliau azab neraka yang sangat dahsyat ditukar dengan syurga yang penuh dengan kenikmatan.


Maka kita menjadi sepakat hanya manusia-manusia biadab saja yang berakhlaq seburuk itu kepada ahlul bait di kuffah. Adalah mustahil manusia yang berkhudwah, beruswah kepada tauhidul uswah, Rasulullah SAW akan bersikap tak sopan kepada ahlul baitnya. Dimana al hub (cinta)?  Dimana tabarruk?


Inilah salah satu fitnatul qubra (fitnah besar) bagi dien Allah, munculnya sekelompok manusia yang mencoreng-moreng izzatul Islam, mencoreng islam dengan alasan islam, menghancurkan islam dengan senjata islam.  Mereka jahil, tapi mereka tidak sadar.


Insya Allah kita dimasukkan Allah dalam kelompok manusia yang cinta akan ahlul bait lebih dari rasa cinta kita kepada keluarga kita sendiri, amiin.

Abu-Abdullah

No comments: