Nilai Dunia Dalam Pandangan Rasullullah SAW


 
kisah rasulullah



Untuk lebih lega dalam memandang dunia dan menempatkan sesuai dengan proporsinya, mari kita simak bagaimana Kisah Rasullullah SAW menggambarkan dunia dalam berbagai hadist..:

1. Dunia adalah setitik air di tengah lautan
Al Mustaurid bin Syaddad ra berkata, Rasullullah SAW bersabda,"Tidaklah perbandingan dunia ini dengan, kecuali seperti orang yang memasukkan jarinya ke dalam lautan luas maka perhatikanlah yang tersisa." ( HR.Muslim)

2. Dunia lebih hina dari bangkai kambing kuper
Dari Jabir ra, Rasullullah SAW bersabda,"Demi Allah sungguh dunia ini lebih hina dalam pandangan Allah daripada bangkai kambing kuper dan cacat ini dalam pandangan kalian." (HR.Muslim)

3. Dunia adalah penjara mukmin dan surga bagi kaum kafir
Dari Abu Hurairah ra,ia berkata, Rasullullah SAW bersabda,"Dunia adalah penjara bagi orang - orang mukmin dan sebagai surga bagi orang - orang kafir."(HR.Muslim)

4. Dunia Ibarat sayap nyamuk
Sahl bin Sa'ad As Sa'idy ra. berkata, Rasullullah SAW bersabda,"Andaikata dunia ini bernilai di sisi Allah sebesar sayap nyamuk, niscaya tidak akan diberikannya kepada orang kafir meski seteguk air."(HR.Tirmidzi)

5. Dunia ini terlaknat kecuali Dzikrulllah
Dari Abu Hurairah ra, saya mendengar Rasullullah bersabda,"Ketahuilah bahwa dunia terkutuk, dan semua yang ada di dalamnya adalah terlaknat, kecuali dzikrullah dan segala apa yang serupa dan sederajat dengan itu,dan orang alim yang mengerti serta orang yang mempelajarinya."(HR.Tirmidzi)

6. Hiduplah di dunia laksana Musafir..
Ibnu Umar ra, berkata,Rasullullah SAW memegang bahuku sembari Berkata,"Jadilah engkau di dunia ini bagaikan orang asing atau orang yang dalam perjalanan." Ibnu Umar sendiri berkata,"Jika engkau berada di waktu sore, maka janganlah mengharapkan akan hidup sampai pagi. Dan jika kamu pada waktu pagi janganlah menantikan sore. Pergunakanlah masa sehat itu untuk bekal masa sakit, dan masa hidup untuk bekal kematian."(HR.Bukhari)

7. Zuhudllah terhadap dunia
Dari Abdul Abbas Sahl bin Sa'ad As Sa'idy ra. yang berkata," Seorang laki - laki datang kepada Rasullullah dan berkata "Ya,Rasullullah tunjukkanlah suatu amal yang jika aku lakukan
maka aku dicintai Allah dan manusia" Nabi SAW menjawab "Zuhudlah terhadap dunia, niscaya Allah akan mencintaimu dan zuhudlah kepada sesuatu yang dimiliki orang lain, niscaya setiap
orang akan mencintaimu."(HR.Ibnu Majah,dan lainnya,hadist hasan)

8. Menatap Orang yang berada di bawahnya
Dari Abu Hurairah ra. ia berkata, Rasullullah SAW bersabda,"Lihatlah orang yang lebih menderita yang berada di bawahmu, dan  janganlah melihat orang yang ada di atasmu,karena demikian itu lebih tepat,supaya orang tidak meremehkan nikmat karunia Allah kepadamu." (HR.Bukhari-Muslim)

9. Siapkan Bekal Kematian
Abu Ya'la Syaddad bin Aus ra, berkata Rasullullah SAW bersabda,"Orang yang cerdas adalah orang yang mengoreksi dirinya, dan mempersiapkan amal untuk bekal sesudah mati. Dan orang bodoh adalah orang yang selalu menurutkan hawa nafsunya dan berangan - angan kepada Allah.(HR.Tirmidzi)
--

"Tidak ada kemenangan kecuali dengan kekuatan, tidak ada kekuatan kecuali dengan persatuan, tidak ada persatuan kecuali dengan keutamaan. Tidak ada keutamaan kecuali dengan ISLAM. Islam tidak bisa hidup tanpa da'wah. Da'wah tidak bisa berjalan kecuali dengan JIHAD. Dan jihad tidak bisa berjalan kecuali dengan landasan IMAN." (Umar bin Khotob)

"Hari - hari adalah lembaran baru untuk goresan amal perbuatan. Jadikanlah hari - harimu sarat dengan amalan yang terbaik.Kesempatan itu akan segera lenyap secepat perjalanan awan, dan menunda - nunda perkerjaan tanda orang yang merugi. Dan barangsiapa yang bersampan kemalasan, ia akan tenggelam bersamanya" (Ibnu Jauzy,Al Muhdisy)

No comments: